Friday, May 10, 2013

MQ-7 Sensor Gas CO

   MQ 7 merupakan sensor gas yang digunakan dalam peralatan untuk mendeteksi gas karbon monoksida (CO) dalam kehidupan sehari-hari, industri, atau mobil. Fitur dari sensor gas MQ7 ini adalah mempunyai sensitivitas yang tinggi terhadap karbon monoksida (CO), stabil, dan berumur panjang. Sensor ini menggunakan catu daya heater : 5V AC/DC dan menggunakan catu daya rangkaian : 5VDC, jarak pengukuran : 20 - 2000ppm untuk ampu mengukur gas karbon monoksida.




Kondisi Standar Sensor Bekerja
- VC/(Tegangan Rangkaian) = 5V±0.1
- VH (H)/ Tegangan Pemanas (Tinggi) = 5V±0.1
- VH (L)/ Tegangan Pemanas (Rendah) = 1.4V±0.1
- RL/Resistansi Beban Dapat disesuaikan
- RH Resistansi Pemanas = 33Ω±5%
- TH (H) Waktu Pemanasan (Tinggi) = 60±1 seconds
- TH (L) Waktu Pemanasan (Rendah) = 90±1 seconds
- PH Konsumsi Pemanasan = Sekitar 350mW

Kondisi Lingkungan
- Tao/Suhu Penggunaan = -20℃-50℃
- Tas/Suhu Penyimpanan = -20℃-50℃
- RH/Kelembapan Relatif = kurang dari 95%RH
- O2 Konsentrasi Oksigen = 21%(stand condition) (Konsentrasi Oksigen dapat mempengaruhi sensitivitas)

Karakteristik Sensitivitas
- Rs/ Tahanan Permukaan Terhadap Tubuh = 2-20k pada 100ppm Carbon Monoxide(CO)
- a(300/100ppm)/ Tingkat Konsentrasi Kemiringan = Kurang dari 0.5 Rs (300ppm)/Rs(100ppm)
- Standar Kondisi Bekerja = Temperature -20℃±2℃ Kelembapan 65%±5% , RL:10KΩ±5%, Vc:5V±0.1V VH:5V±0.1V, VH:1.4V±0.1V
- Waktu Panaskan Tidak kurang dari 48 jam
- Jarak Deteksi: 20ppm-2000ppm carbon monoxide

Struktur, Konfigurasi, dan Dasar Rangkaian Pengukuran
   Struktur dan konfigurasi MQ-7 sensor gas ditunjukkan pada gambar. 1 (Konfigurasi A atau B), sensor disusun oleh mikro AL2O3 tabung keramik, Tin Dioksida (SnO2) lapisan sensitif, elektroda pengukuran dan pemanas adalah tetap menjadi kerak yang dibuat oleh plastik dan stainless steel bersih. Pemanas menyediakan kondisi kerja yang diperlukan untuk pekerjaan komponen sensitif. MQ-7 dibuat dengan 6 pin, 4 dari mereka yang digunakan untuk mengambil sinyal, dan 2 lainnya digunakan untuk menyediakan arus pemanasan.

Konfigurasi MQ-7

Grafik Karakteristik Sensitivitas

Grafik Karakteristik Sensitivitas

Menunjukkan karakteristik sensitivitas tipikal dari MQ-7 untuk beberapa gas.
- Suhu: 20 ℃, Kelembaban: 65%, O2 konsentrasi 21%
- RL = 10kΩ
- Ro: resistansi sensor pada 100ppm udara bersih.
- Rs: resistansi sensor pada berbagai konsentrasi gas

Prinsip Operasi
   Hambatan permukaan sensor Rs diperoleh melalui dipengaruhi sinyal output tegangan dari resistansi beban RL yang seri. Hubungan antara itu dijelaskan:
Rs\RL = (Vc-VRL) / VRL
sinyal ketika sensor digeser dari udara bersih untuk karbon monoksida (CO), pengukuran sinyal dilakukan dalam waktu satu atau dua periode pemanasan lengkap (2,5 menit dari tegangan tinggi ke tegangan rendah). Lapisan sensitif dari MQ-7 komponen gas sensitif terbuat dari SnO2 dengan stabilitas, Jadi, ia memiliki stabilitas jangka panjang yang sangat baik. Masa servis bisa mencapai 5 tahun di bawah kondisi penggunaan.
Penyesuaian Sensitivitas
Nilai resistansi MQ-7 adalah perbedaan untuk berbagai jenis dan berbagai gas konsentrasi. Jadi, Bila menggunakan komponen ini, penyesuaian sensitivitas sangat diperlukan. kami sarankan Anda mengkalibrasi detektor untuk CO 200ppm di udara dan menggunakan nilai resistansi beban itu (RL) sekitar 10 KΩ (5KΩ sampai 47 KΩ).
   Ketika secara akurat mengukur, titik alarm yang tepat untuk detektor gas harus ditentukan setelah mempertimbangkan pengaruh suhu dan kelembaban. Sensitivitas Program menyesuaikan:
a. Hubungkan sensor ke rangkaian aplikasi.
b. Menghidupkan daya, terus pemanasan melalui listrik lebih dari 48 jam.
c. Sesuaikan beban perlawanan RL sampai Anda mendapatkan nilai sinyal yang menanggapi konsentrasi karbon monoksida tertentu pada titik akhir dari 90 detik.
d. Sesuaikan lain beban resistansi RL sampai Anda mendapatkan nilai sinyal yang menanggapi konsentrasi CO di titik akhir dari 60 detik

Catatan Tambahan
   Di pasaran biasanya dijual hanya murni sensor tetapi ada juga yang sudah ditambahkan sebuah modul yang dilengkapi dengan resistor variabel yang digunakan untuk mengatur tingkat sensitivitas, sehingga pengguna tidak perlu membuat rangkaian sensor dan tinggal menggunakannya saja.



Rangkaian Penggunaan MQ-7
Gambar Penggunaaan Pin Sensor MQ-7


Download Datasheet MQ-7 Sensor Gas CO
Grafik Karakteristik Sensitivitas
Karena banyaknya yang bertanya bagaimana mencari nilai Ro Saya akan coba jelaskan (ini menurut analisis Saya sendiri, So Anda harus meneliti ulang), Saya pernah buat alat pendeteksi CO sebelumnya, karena tidak adanya alat yang sebenarnya maka Saya harus melihat grafik Datasheet, pertama saat 100ppm maka Ro=Rs karena Rs/Ro = 1, nah Saya  asumsikan pada Grafik saat ppm CO = 20 ppm maka Rs/Ro = 3 (ingat ketelitian penarikan grafik disini sangat penting bisa jadi Anda lebih teliti dan menyimpulkan saat 20ppm=2,8 dsb), kenapa awalannya 20ppm karena batasan sensor ini 20ppm-2000ppm, maka saat mendeteksi udara bebas Saya asumsikan sensor tetap mendeteksi kadar CO 20ppm, Saya cari Rs saat udara bebas(20ppm), dengan rumus Rs pada datasheet (silakan lihat Datasheet), misalkan Rs terdeteksi 6500 lalu Saya masukan rumus ini :
3 = Rs/Ro,
3 = 6500/Ro, sehingga 6500/3=Ro,
Ro=2166,67 karena Ro adalah tetapan, sekarang Saya sudah tahu saat 100 ppm maka Ro=2166,67
nah saat 100ppm  =  Rs/Ro=1,
maka 1 = Rs/2166,67 sehingga  Rs=2166,67.
Sekarang tinggal Konversi Rs/Ro ke ppm Kita bisa gunakan excel dsb....
Analisis Saya ini bisa jadi salah,Saya mohon Anda dapat menanyakan lagi  ke orang yang lebih paham dengan sensor ini (Dosen misalnya) dan membaginya disini untuk kebaikan sesama, Terima Kasih


Literary photo : http://wiring.org.co
by: baskarapunya.blogspot.com

16 komentar:

Khoirul Muhlisin said...

mas..pinnya kebalik ga papa ya?
maksudnya Posisi PIN A,H,A dan PIN B,H,B itu di lihat dari atas atau dari bawah mas?soalnya saya sudah beli tapi bingung masangnya.

Baskara said...

Iya kebalik tidak apa-apa mas, pin A bisa Jadi Pin B juga sebaliknya, yang penting salah satu pin jadi A dan satu Pin jadi B...

Radila Humanisa Karimasari said...

mas mau nanya, itu Ro kan didapat saat ppm tertentu. nah, buat ngedapatin konsentrasi gas saat ppm tertentu itu cara gimana mas? kan kita gatau itu berapa ppm.

Baskara said...

Menurut datasheet Nilai Ro dapat kita peroleh saat kita melakukan pengambilan data Ro pada udara bebas,sayangnya udara bebas yang kita kalibrasi belum tentu seperti yang ada dalam datasheet, maka lebih tepat jika kalibrasi dengan alat yang sebenarnya...

meong said...

mas, kalau alat untuk mengambil data kalibrasi di udara bersihnya tidak ada, bagaimana?
apakah ada cara yang lain untuk mengetahui nilai Ro?
Fyi, saya memakai sensor mq 4
terima kasih sebelumnya

Radila Humanisa Karimasari said...

mas masih bingung yang penjelasan untuk mendapatkan nilai Ro.
postingan di atas ditulis nilai Rs = 6500.
nah 6500 itu dalam skala ppm atau gimana? dan darimana?
6500 itu murni permisalan atau sudah melewati proses hitung Rs, yang notabene di datasheet rumus Rs = ((Vc-VRL)/VRL)RL?

Baskara said...

untuk mencari PPM kita harus mencari Rs/Ro dahulu, Rs itu didapat dari pembacaan sensor yang dimasukkan kedalam rumus Rs = ((Vc-VRL)/VRL)RL, dan nilai 6500 itu didapat setelah melewati perhitungan rumus Rs tsb , coba deh baca baik-baik datasheetnya....

Anonymous said...

VRL di itung nya dri mana ?

Anonymous said...

apa seperti ini mendapatkannya
Rs = ( 5 - 3 ) / 3 * 10.000 = 6666,66

Baskara said...

Iya

pricilia yelana said...

Resistance of sensor(Rs): Rs=(Vc/VRL-1)×RL

Haris said...

Assalamualaikum dan selamat sore, mf Mas kl pesen modulnya t dmna ya ?? sinyal keluaran modulnya t dah digital ap msh analog ??
mch

Baskara said...

Waalaikumsalam, klo modulnya dapat dibeli di toko online dalam artikel disini: http://baskarapunya.blogspot.com/2014/01/toko-komponen-elektronika-online.html ada yang masih analog ada yang sudah digital dengan komunikasi i2c, UART, atau spi...

Lucky Ramdhani said...

assalamualaikum, kalo prinsip dasar mencari data konversi rs/ro ke ppm dari MQ 7 ini dapat digunakan pda MQ yang lainnya? saya menggunakan MQ 8, apakah dapat menggunakan rumusan yang sama?
trmksh

Orphiin said...

Assalamu'alaykum wr wb
mas, mau nanya ..
blm bner2 ngerti terkait mq 7
klo mq 7d baca di arduino kan kisaran nya 0-1023
gmn logika ke ppm nya?
mohonbantuannya
M.Zulfikar

Daniel ramone said...

pake proteus aja gan, trus simulasikan range ppm berapa yang agan butuhkan. trus di sketch di arduino IDE untuk nilai pengali untuk ADCnya.

Follow Me

Popular Posts