Wednesday, May 1, 2013

Sensor Warna TCS3200 and TCS3210

   TCS3200 and TCS3210 merupakan konverter yang diprogram untuk mengubah warna menjadi frekuensi yang tersusun atas konfigurasi silicon photodiode dan konverter arus ke frekuensi dalam IC CMOS monolithic yang tunggal. Keluaran dari sensor ini adalah gelombang kotak (duty cycle 50%) frekuensi yang berbanding lurus dengan intensitas cahaya (irradiance). Keluaran frekuensi skala penuh dapat diskalakan oleh satu dari tiga nilai-nilai yang ditetapkan via dua kontrol pin input. Masukan digital dan keluaran digital memungkinkan antarmuka langsung ke mikrokontroler atau sirkuit logika lainnya. Tempat output enable (OE) output dalam keadaan impedansi tinggi untuk beberapa unit dapat berbagi jalur masukan mikrokontroler. didalam TCS3200, konverter cahaya ke frekuensi membaca sebuah array 8x8 dari photodioda, 16 photodioda mempunyai penyaring warna biru
, 16 photodioda mempunyai penyaring warna merah, 16 photodioda mempunyai penyaring warna hijau, dan 16 photodioda untuk warna terang tanpa penyaring. Dalam TCS3210, converter cahaya ke frekuensi membaca sebuah array 4x6 dari photodiode, 6 photodioda mempunyai penyaring warna biru, 6 photodioda mempunyai penyaring warna hijau, 6 photodioda mempunyai penyaring warna merah, dan 6 photodioda untuk warna terang tanpa penyaring. 4 tipe warna dari photodiode telah diintegrasikan untuk meminimalkan efek ketidak seragaman dari insiden irradiance. Semua photodiode dari warna yang sama telah terhubung secara parallel. Pin S2 dan S3 digunakan untuk memilih grup dari photodiode(merah, hijau, biru, jernih) yang telah aktif.

Fitur
-Konversi Tinggi Resolusi Intensitas Cahaya ke Frekuensi
-Warna Diprogram dan Full Skala Frekuensi Keluaran
-Berkomunikasi Langsung Dengan Microcontroller
-Pasokan tunggal Operasi (2,7 V sampai 5,5 V)
-Mempunyai Power Down Fitur
-Kesalahan Nonlinier Biasanya 0,2% pada 50 kHz
-Stabil 200 ppm / ° C Koefisien Suhu
-Bebas Timbal (Pb) dan RoHS
-Kompatibel Paket “Surface Mount”
Konfigurasi Pin TCS3200 dan TCS3210

Blog Diagram Fungsional
Blog Diagram Fungsional TCS3200 dan TCS3210
Fungsi Pin TCS3200 dan TCS3210

Catatan Penggunaan
-Tegangan,VDD = 6V
-Jarak tegangan masukan, Semua masukan,Vi = −0.3 V to VDD + 0.3 V
-Suhu untuk beroperasi = −40°C to 85°C
-Suhu untuk penyimpanan = −40°C to 85°C
-Temperatur maksimum penyolderan sesuai dengan JEDEC J-STD-020A = 260°C

Karakteristik Tipikal
Grafik Karakteristik TCS3200 dan TCS3210
Grafik Karakteristik TCS3200 dan TCS3210

Pertimbangan Power supply
   Baris-Power supply harus dipisahkan oleh 0,01-μF 0,1 μF kapasitor-dengan arahan pendek dipasang dekat dengan paket perangkat.

Antarmuka masukan
   Sambungan listrik rendah impedansi antara perangkat OE pin dan perangkat GND pin diperlukan untuk meningkatkan kekebalan kebisingan. Semua pin input harus didorong oleh sinyal logika atau terhubung ke Vdd atau GND, mereka tidak boleh dibiarkan tidak tersambung (floating).

Antarmuka keluaran
   Output dari perangkat ini dirancang untuk mendorong TTL standar atau CMOS logika masukan jarak pendek. Jika garis besar dari 12 inci yang digunakan pada output, buffer atau driver line dianjurkan. Keadaan yang tinggi terhadap Output Enable (OE) menempatkan output dalam keadaan impedansi tinggi untuk beberapa unit berbagi jalur masukan mikrokontroler.

Penurunkan daya
   Penurunan daya sensor menggunakan S0/S1 (L / L) akan menyebabkan output yang akan diadakan dalam keadaan impedansi tinggi. Hal ini mirip dengan perilaku pin output enable, namun penurunan daya sensor menghemat daya secara signifikan lebih dari menonaktifkan sensor dengan output mengaktifkan pin.
Pemilihan Jenis Photodiode (warna)
Jenis dioda (biru, hijau, merah, atau bening) yang digunakan oleh perangkat dikendalikan oleh dua input logika, S2 dan S3

Mengukur frekuensi
   Pemilihan teknik antarmuka dan pengukuran tergantung pada resolusi dan data rate akuisisi yang diinginkan. Untuk tingkat maksimum, teknik-periode pengukuran akuisisi data yang digunakan.
Output data dapat dikumpulkan pada tingkat dua kali frekuensi output atau satu titik data setiap mikrodetik untuk output skala penuh. Periode pengukuran memerlukan penggunaan acuan waktu cepat dengan resolusi yang tersedia langsung berhubungan dengan referensi clock rate. Penskalaan Keluaran dapat digunakan untuk meningkatkan resolusi untuk clock rate tertentu atau untuk memaksimalkan resolusi sebagai perubahan masukan cahaya. Periode pengukuran yang digunakan untuk mengukur cepat berbagai tingkat cahaya atau untuk membuat pengukuran yang sangat cepat dari sumber cahaya konstan.
Resolusi maksimum dan akurasi dapat diperoleh dengan menggunakan pengukuran frekuensi, pulsa-akumulasi, atau teknik integrasi. Pengukuran frekuensi memberikan manfaat tambahan rata-rata keluar acak-atau variasi frekuensi tinggi (jitter) akibat kebisingan di sinyal cahaya. Resolusi dibatasi terutama oleh register counter yang tersedia dan waktu pengukuran yang diijinkan. Pengukuran frekuensi cocok untuk perlahan-lahan bervariasi atau level cahaya konstan dan untuk membaca tingkat cahaya rata-rata selama periode waktu yang singkat. Integrasi (yang akumulasi pulsa selama periode yang sangat lama) dapat digunakan untuk mengukur paparan, jumlah yang hadir cahaya di daerah selama periode waktu tertentu.

Download Datasheet Sensor Warna TCS3200 and TCS3210
by : baskarapunya.blogspot.com

2 komentar:

yusuf hastomo said...

gan mau tanya Relative Responsivity itu gmn ya ?
yang grafik rgb itu panjang gelombang vs apa ya gan?
trimakasih.

Yoga Setiawan said...

gan kalau sensor tcs3200 outputx diubah dalam bentuk seven segment bisa pa gk??? tlg dblas

Follow Me

Popular Posts