Thursday, July 4, 2013

433Mhz RF Link Kit

     Paket 433Mhz RF link kit terdiri dari pemancar (Tx) dan penerima (Rx), yang secara umum digunakan untuk remote control.
Jenis atau model pada gambar adalah WLS107B4B, dengan berat sekitar 5 g, dengan frekuensi sebesar 433Mhz, Modulasi ASK, keluaran data penerima : tinggi - 1/2 Vcc, rendah - 0.7v, Tegangan masukkan transmisi : 3-12V (semakin tegangan masukannya tinggi maka kekuatan transmisi juga lebih baik, Tegangan masukkan penerima : 3.3-6V (semakin tegangan masukannya tinggi maka kekuatan penerimaan juga semakin baik).

Penggunaan yang dilakukan secara umum adalah seperti ini:
MCU - Encoder - Transmitter ------ Receiver - Decoder - MCU
PT2272 (Encoder) dan PT2262 (Decoder) adalah opsional, keberadaan mereka adalah untuk :

1) menghindari kebingungan ketika beberapa link RF dalam kisaran .
2) mengisolasi gangguan. Anda dapat mengintegrasikan encoding dan decoding kerja ke MCUs di kedua sisi.
Setiap kali ada perangkat 315Mhz sekitar, Anda dapat menggunakannya sebagai sambungan kabel langsung.

Paket 433MHz RF Link Kit



dokumentasi Sparkfun:
   Alat ini sederhana dan terbuat dari sirkuit terpadu. Artinya, Anda mengatur baud-rate (asalkan di dalam rentang yang dapat diterima sepasang perangkat yang digunakan apa pun), dan kemudian mulai mengirim byte ke pemancar. Cukup sederhana, itu hanya mengirimkan data keluar pemancar dan penerima meraih itu, bertindak seolah-olah Anda memiliki koneksi serial kabel antara mereka, dikurangi kawat!. Berdasarkan spesifikasi tersebut, berikut ini beberapa contoh gambar dan kode untuk Anda mulai, diikuti oleh beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan perangkat tersebut.

   Tiga dari empat modul pemancar memiliki empat pin, sementara yang lain memiliki enam. Versi berkaki enam hanya memiliki pin berlebihan daya dan pentanahan, tetapi sebaliknya tetap sama.
Mulai dari atas, Pin 1 pergi ke \ ground. Pin 2 adalah input data dari mikrokontroler pilihan Anda. Ini mentransmisikan satu byte pada suatu waktu, pada baud rate yang diberikan dari unit yang Anda gunakan. Pin 3 adalah tegangan suplai, yang biasanya akan menjadi 5 volt. Kami akan mengeksplorasi pilihan lain kemudian. Akhirnya, Pin 4 adalah antena opsional kita akan melihat nanti.

   Penerima modul semua berbagi tugas pin umum, sebagai berikut (dari atas). Pin 1 pergi ke ground. Pin 2 mengirimkan byte masuk dari pemancar keluar ke mikrokontroler. Pin 3 tidak memerlukan koneksi, tetapi dapat diambil untuk ground. Pin 4 dan 5 pergi ke tegangan penerima. Pin 6 dan 7 pergi ke ground, meninggalkan Pin 8 sebagai antena pin opsional. Cukup sederhana, itu semua ada untuk itu!

Dokumentasi
Demo Skema
Contoh dari Spark Fun

by :baskarapunya.blogspot.com

2 komentar:

aya bR said...

Bisa Minta Rangkain RF Modul yang terhubung dengan MAX232 dan DB9..Makasi

Baskara said...

maaf saya belum punya, makasih....

Follow Me

Popular Posts