Wednesday, August 6, 2014

Rangkaian Counter Dengan IC 74192

   Dalam postingan sebelumnya Saya sudah membahas tentang rangkaian counter atau pencacah, baik pencacah naik maupun turun menggunakan JKFF, sekarang yang akan Kita bahas adalah rangkaian counter up and down menggunakan IC 74192 PRESETTABLE BCD/DECADE UP/DOWN COUNTER , Ic ini mempunyai saudara yang berseri 74193, perbedaan kedua ic adalah jika 192 ia hanya akan mencacah nilai biner decade atau dari 0000 sampai 1001 dalam biner atau 0 sampai 9 dalam desimal, dengan kata lain ic ini merupakan pencacah modulo 10. Sedangkan untuk seri 193 ia akan melakukan pencacahan dari 0000 sampai 1111 atau 0 sampai 15 dalam bilangan desimal atau dengan kata lain ic ini adalah ic counter modulo 16.



1. Rangkaian Counter Up modulo 10.
   Rangkaian ini adalah rangkaian dasar IC, karena IC 74192 ini bertipe bcd/decade atau modulo 10, berikut ini rangkaiannya.

dari rangkaian diatas dapat kita lihat terdapat pembangkit sinyal detak/clock yang masuk ke dalam pin 5 ic 74192 sebagai sumber detak untuk mencacah data biner Q0,Q1,Q2,Q3 secara up/naik. hal ini dapat dilihat pada datasheet yang ada bahwa pin 5 merupakan sumber detak untuk mencacah naik sedangkan pin 4 untuk pencacah turun. pin Q0,Q1,Q2,Q3 akan mengeluarkan data biner dan dengan bantuam IC 7448 bilangan biner tersebut akan di decoderkan menjadi data keluaran seven segment, yang akan mengeluarkan angka desimal dari data biner yang dikeluarkan oleh ic 74192. Ragkaian diatas akan otomatis mengeluarkan data pencacahan biner 0000 hingga 1001 atau counter modulo 10, jika ingin dibuat couter down maka clock diberikan kemasukan IC pada pin 4 sedangkan pin 5 diberikan logika high.

2. Rangkaian Counter Up modulo 100.
   Menggunakan rangkaian counter modulo 10, Kita dapat memodifikasi rangkaian tersebut menjadi counter up modulo 100, yaitu dengan menambahkan counter modulo 10 yang lain untuk lebih jelasnya dapat kita lihat gambar dibawah ini.

dalam rangkaian modulo 10 data satuan (menunujuk ke angka 3 gambar diatas) Kita hubungkan jalur dari pin 12 (TCU) ke masukan IC 74192 U3 pada pin 5 (Up) IC ini akan menampilkan data cacahan puluhan (menunujuk ke angka 2 gambar diatas), TCU pada IC 74195 menurut datasheet adalah Terminal Count Up (Carry), dari artinya kita sudah paham apabilacounter sudah mencacah sampai biner 1001 atau 9 dalam desimal maka pin carry akan memberikan detak untuk pencacahan selanjutnya yaitu pada IC puluhan, sehingga IC puluhan akan terpicu mengeluarkan pencacahan data biner selanjutnya, begitu seterusnya hingga mencapai angka 99 dalam desimal dan kembali ke 00.

3. Rangkaian Counter Down modulo 100.
   Menggunakan rangkaian counter up modulo 100 kita dapat membuat rangkaian counter down modulo 100 dengan mengganti jalur TCU kedalam TCD yang berarti Terminal Count Down, seperti berikut.

pembangkit clock diberikan pada IC 74192 puluhan yang mana pin yang digunakan adalah pin 4 atau Dn (Down) sehingga counter akan mencacah mundur dari biner 1001 hingga 0000 lalu akan mengeluarkan sebuah pulsa detak pada pin TCD atau pin 13 ketika mencapai biner 0000 lalu kembali 1001, pulsa ini yang akan dimasukkan kedalam IC Satuan sehingga IC satuanpun akan melakukan pencacahan mundur dan begitu seterusnya.

4. Rangkaian Counter Up Modulo X.
  Dari rangkaian counter Up modulo 10 kita bisa membuat counter up modulo lain, misalkan jika kita akan membuat menit atau detik dalam jam pada angka puluhannya membutuhkan counter modulo 6, yang mana jika detik mencapai angka 59 maka akan mereset ke 00, pada bahasan ini kita fokus pada membuat counter untuk puluhan pada bagian detik tersebut, jadi ketika puluhan sudah mencapai angka 5 maka ia harus mereset ke angka 0, berikut rangkaiannya.

untuk rangkaian counter modulo x ini kita harus melakukan reset pada keadaan tertentu untuk membuat pencacahan yang diinginkan, sehingga kita membutukan pin masukan MR (Master Reset) untuk meriset IC, misalkan kita membuat modulo 6 maka ketika IC mencacah biner 0110 ia harus berubah menjadi 0000 sehingga kita perlu membuat rangkaian reset dari gerbang logika AND dan NOT seperti gambar diatas, ketika mencapai biner 0110 gabungan rangkaian logika diatas akan menghasilkan pulsa high yang akan memicu pin MR untuk melakukan reset pada IC, sehingga terciptalah counter modulo 6. Inti dari rangkaian reset ini (menggunakan gerbang logika) bagaimana caranya supaya pada keluaran biner tertentu ia akan menghasilkan logika high untuk mereset IC (dapat menggunakan persamaan boolean).

5. Membuat Counter Up Modulo 60.
   Counter Up modulo 60 biasa digunakan pada rangkaian jam pada bagian detik dan menit, rangkaian ini mencacah angka 0 hingga 59. berikut rangkaiannnya.

dari rangkaian diatas kita sudah dapat melihat bahwa counter modulo 60 ini menggunakan gabungan rankgaian counter up modulo 10 dan counter up modulo 6 (pada bahasan counter modulo x). ketika detik satuan melakukan pencacahan dari 0 hingga 9 dan kembali ke 0 IC satuan akan mengeluarkan logika high yang akan memicu IC puluhan untuk melakukan pencacahan, dan seterusnya hingga membentuk angka 59, ketika ic satuan memberikan logika high kedalam IC puluhan yang mana IC puluhan telah mencapai angka 5, maka IC puluhan akan mereset dirinya melalui rangkaian gerbang logika yang dimasukkan dari keluaran IC tersebut karena data yang dikeluarkan adalah angka 6 atau 0110 dalam biner, kembalilah kedua rangkaian tersebut menjadi 00.

begitu pembahasan yang Saya buat tentang rangkaian counter up/down menggunakan IC 74192, untuk lebih jelasnya dapat download rangkaiannya disini.

by : baskarapunya.blogspot.com

2 komentar:

Eza Aira Saputra said...

mas, rangkaian counter down modulus 60 gmna ya caranya ??
dan juga utk membuat mod 24 juga gmna ya ?
mhn bimbingannya.. terima kasih

Baskara said...

saya belum tahu sistemnya untuk count. down modulo X dengan 74192, tapi kita bisa menggunakan JKFF untuk membuat down count mod 6 nya, untuk satuan dapat gunakan ic ini

Follow Me

Popular Posts