Thursday, March 22, 2012

Mengenal Mikrokontroler


    Mikrokontroler, apa itu Mikrokontroler???, Mikrokontroler adalah sebuah chip terintegrasi yang sering menjadi bagian dari sistem embedded(system yang tertanam). Mikrokontroler ini mencakup bagian CPU, RAM, ROM, I / O port, dan timer seperti halnya komputer standar, tetapi karena Mikrokontroler dirancang untuk mengeksekusi hanya tugas tertentu atau tunggal untuk mengontrol sistem tunggal, mereka jauh lebih kecil dan sederhana sehingga mereka dapat mencakup semua fungsi yang diperlukan pada satu chip, sehingga satu Mikrokontroler hanya dapat digunakan dalam satu aplikasi saja.


Sebuah mikrokontroler berbeda dengan sebuah mikroprosesor, yang merupakan chip untuk tujuan umum yang digunakan untuk menciptakan sebuah komputer multi-fungsi atau perangkat dan membutuhkan beberapa chip untuk menangani berbagai tugas seperti dalam teknologi Hyper Threading. Sebuah mikrokontroler dimaksudkan untuk menjadi lebih mandiri dan independen, dan fungsi sebagai komputer, kecil khusus.

Salah Satu Mikrokontroler

Keuntungan besar dari mikrokontroler, sebagai lawan menggunakan mikroprosesor yang lebih besar, adalah bahwa biaya bagian-hitungan dan desain dari item yang sedang dikontrol dapat disimpan ke minimum. Mereka biasanya dirancang menggunakan teknologi CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor), teknik fabrikasi efisien yang menggunakan daya yang lebih kecil dan lebih kebal terhadap lonjakan daya daripada teknik lainnya.

Ada juga beberapa arsitektur yang digunakan, tetapi arsitektur dominan adalah CISC (Complex Instruction Set Computer), yang memungkinkan mikrokontroler untuk kontrol beberapa instruksi yang dapat dieksekusi dengan instruksi makro tunggal. Beberapa Mikrokontroler menggunakan arsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computer), yang mengimplementasikan instruksi yang lebih sedikit, tetapi memberikan kemudahan yang lebih besar dan konsumsi daya yang rendah.

Pengendali awal yang biasanya dibangun dari komponen logika dan biasanya cukup besar. Kemudian, mikroprosesor yang digunakan, dan pengendali akan masuk ke sebuah papan sirkuit. Mikrokontroler sekarang menempatkan semua komponen yang dibutuhkan dalam satu chip. Karena mereka mengontrol fungsi tunggal, beberapa perangkat yang kompleks mengandung beberapa mikroprosesor.
AT90S2333 Microcontroler
Mikrokontroler telah menjadi umum di banyak daerah dan negara, dan dapat ditemukan dalam peralatan rumah tangga, peralatan komputer, dan instrumentasi. Mikrokontroler sering digunakan dalam mobil, dan banyak juga memiliki kegunaan industri, dan telah menjadi bagian utama dari robot industri. Karena Mikrokontroler biasanya digunakan untuk mengontrol suatu proses tunggal dan mengeksekusi instruksi sederhana, mikrokontroler tidak memerlukan kekuatan pemrosesan yang signifikan.

Pasar otomotif telah menjadi pendorong utama dari mikrokontroler, banyak yang telah dikembangkan untuk aplikasi otomotif. Karena mikrokontroler otomotif harus menahan kondisi lingkungan yang keras, mereka harus sangat handal dan tahan lama. Meskipun demikian, mikrokontroler otomotif, seperti rekan-rekan mereka, sangat murah dan mampu memberikan fitur canggih yang lain akan mustahil, Atau terlalu mahal untuk diimplementasikan.
Atmel Family
Contoh-contoh/Tipe Mikrokontroler yang ada di pasaran:

• ARM core processors (dari berbagai banyak vendor)
• Atmel AVR (8-bit), AVR32 (32-bit), AT91SAM (32-bit), AT89XX
• Cypress Semiconductor PSoC (Programmable System-on-Chip)
• Freescale ColdFire (32-bit) dan S08 (8-bit)
• Freescale 68HC11 (8-bit)
• Intel 8051
• Infineon: 8, 16, 32 Bit microcontrollers[9]
• MIPS
• Microchip Technology PIC, (8-bit PIC16, PIC18, 16-bit dsPIC33 / PIC24), (32-bit PIC32)
• NXP Semiconductors LPC1000, LPC2000, LPC3000, LPC4000 (32-bit), LPC900, LPC700 (8-bit)
• Parallax Propeller
• PowerPC ISE
• Rabbit 2000 (8-bit)
• Renesas RX, V850, Hitachi H8, Hitachi SuperH (32-bit), M16C (16-bit), RL78, R8C, 78K0/78K0R (8-bit)
• Silicon Laboratories Pipelined 8-bit 8051 Microcontrollers and mixed-signal ARM-based 32-bit microcontrollers
• STMicroelectronics STM8 (8-bit), ST10 (16-bit) and STM32 (32-bit)
• Texas Instruments TI MSP430 (16-bit)
• Toshiba TLCS-870 (8-bit/16-bit).

Lainnya juga masih banyak, beberapa di antaranya digunakan dalam rentang aplikasi yang sangat sempit atau melebihi layaknya seperti aplikasi prosesor dari mikrokontroler. Pasar mikrokontroler sangat terfragmentasi, dengan berbagai vendor, teknologi, dan pasar. Perhatikan bahwa banyak vendor menjual atau telah menjual beberapa arsitektur.

By baskarapunya.blogspot.com

Literary :
Wikipedia
Source 2
Photo's From Google

6 komentar:

outbound di malang said...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

mavens said...

Salam, kami ingin mengajukan penawaran kerjasama berupa blog content tentang teknologi- tanpa biaya. Silahkan hubungi email kami untuk informasi lebih lanjut. Terimakasih. Kami tunggu kabarnya.

Baskara said...

Terimakasih atas kunjungannya

Eko Rudiawan said...

mari mampir ke sini http://blognyaeko.wordpress.com/ untuk tutorial mikrokontroler, plc, dan visual programming

Baskara said...

Terimakasih sudah berkunjung....

Jasa Desain Rumah_Arsitek Banjarmasin said...

thanks infonya

Follow Me

Popular Posts