Tuesday, February 14, 2012

Cara Membuat PCB Dengan Teknik Setrika

    Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat PCB/Printed Circuit Board dengan teknik setrika,  teknik ini biasanya digunakan oleh orang-orang Elektronika untuk membuat board PCB yang akan digunakan untuk menyambungkan antar komponen-komponen elektronika sehingga membentuk suatu sistem rangkaian yang digunakan untuk tujuan tertentu, memang cara ini sangat susah bagi orang yang belum terbiasa, tetapi jika ada keinginan pasti bisa, dan semoga bermanfaat bagi kita.



1. Yang pertama dilakukan adalah siapkan alat dan bahanya dahulu :
 Alat :
  1. Cutter/ pisau pemotong
  2. Penggaris(usahakan berbahan logam)
  3. Setrika
  4. Nampan/wadah
  5. Serat baja atau serabut logam untuk mencuci panci/wajan

Bahan :
  1. PCB polos berjenis mika atau biasa(ukuran terserah/ standar)
  2. Board Skematik siap copy atau softcopy untuk di print
  3. Bubuk Ferric Chloride
2. Copy atau print Board skema PCB pada kertas “glossy” terlebih dahulu

Board Skematik Yang telah diCopy atau Print pada Kertas Glossy

3. Ukur panjang dan lebar PCB yang akan digunakan, dan sesuaikan dengan besar board skema yang telah di copy atau di print pada kertas glossy.

4. Lalu potong PCB sesuai dengan ukuran board skematik yang digunakan, pakailah penggaris logam untuk menggaris tembaga pada PCB lalu garis dengan cutter hingga tembaga terpotong, lakukan juga pada plat sebaliknya, setelah yakin PCB tergaris dengan baik, lalu patahkan PCB, jika pinggir potongan tidak bagus dapat diperhalis dengan alat kikir.
PCB yang sudah dipotong

5. bersihkan PCB yang akan digunakan dengan menggosokkan bagian lempeng tembaga PCB menggunakan serabut baja atau dengan serabut logam yang biasa digunakan untuk mencuci panci hingga berwarna kuning bersih, sebenarnya dapat juga menggunakan amplas dengan kekasaran yang paling halus, tetapi hal ini membuat proses pembersihan PCB lebih lama.
Serat Logam Pembersih Panci

6. Setelah bersih jangan pegang PCB bagian tembaga, dan siapkan setrika dengan tingkat suhu yang sedang, tidak terlalu panas maupun dingin.
Potong cetakan board pada kertas glossy sesuai ukuran Skematiknya

7. Tempelkan kertas glossy yang sudah ada board skematik dan sudah dipotong, pada lempeng PCB, lalu setrika kertas glossy, mulailah dari ujung, misalnya dari pinggir PCB yang kanan menuju ketengah dan kekiri, jangan menggosok terlalu cepat dan lambat(sedang), jangan terlalu menekan PCB agar gambar board tidak bergeser, dan usahakan digosok dengan rata dan tidak ada udara dalam kertas glossy, setelah gambar board skematik terlihat maka dingin kan sebentar PCB nya.
Setrika Kertas Glossy

8. Setelah PCB agak dingin maka masukkanlah PCB kedalam baskom/wadah yang berisi air, lalu tunggu perendaman semakin lama akan baik tetapi jika terlalu lama akan menghilangkan board skematinya, lalu gosok perlahan kertas glossy didalam air, secara hati-hati dan pelan-pelan, hingga kertas yang menutup tinta hilang, tinta dari kertas glossy seharusnya sudah menempel di PCB, lalu keringkan PCB, dan hilangkan kertas glossy yang masih menempel pada PCB biasanya kertas antar jalur skematik, dapat dihilangkan dengan jarum, tetapi harus berhati-hati jangan sampai terkena jalur yang bertinta, kenapa harus dihilangkan karena pada saat pelarutan, kertas ini akan menutupi tembaga yang seharusnya larut sehingga antar jalur menjadi terhubung.
PCB yang sudah disetrika
Kertas Glossy yang Masih Menempel pada jalur yang tidak bertinta

9. Apabila keberhasilan tinta glossy menempel sekitar 95% maka masih dapat digunakan,  jika ada jalur yang tidak terhubung tetapi masih bisa ditoleransi, bisa ditambal dengan spidol snowman yang ukurannya 0.8 mm, tetapi jika tidak bisa diperbaiki (rusak) dapat kembali melakukan langkah 2, dengan membersihkan PCB dengan Tiner/Bensin terlebih dahulu supaya tintanya hilang.

10. Apabila setelah PCB sudah siap dilarutkan maka siapkan pelarut tembaga atau Ferric Chloride, pelarut ini bisa dibeli di toko elektronika, siapkan pula wadah yang datar dan usahakan berbahan plastik dan beri air hangat, airnya sedikit saja asalkan kira-kira PCB sudah tercelup, masukkan bubuk Ferric Chloride sekitar 1 sendok makan atau sesuai lebar PCB yang digunakan, hati hati pelarut ini akan bereaksi terhadap air dan menguap, uap ini jangan sampai terhirup, setelah tercampur maka masukkan PCB kedalam air yang sudah diberi pelarut, lalu goyang goyangkan wadah, proses ini memang agak lama, jika semua plat PCB yang tidak tertutup tinta luruh atau hilang maka keluarkan PCB.
Wadah dan Bubuk Ferric Chloride

11. Cuci PCB dengan air biasa atau langsung di lap dengan kain, dan hilangkan tinta dengan kain yang diberi cairan Tiner atau Bensin, direkomendasikan menggunakan cairan Tiner.
PCB yang sudah dilarutkan

12. PCB siap di bor dan digunakan.
Siap Bor
PCB Siap Disolder
   Memang untuk membuat jalur PCB itu sulit terutama pada langkah penyetrikaan, tetapi jika berlatih terus-menerus saya yakin pasti bisa, semoga langkah-langkah diatas bermanfaat dalam pembuatan jalur PCB.

tambahan : memang tidak bisa dipungkiri hasil fotokopi ke kertas glossy memang sangat mempengaruhi tinta akan menempel pada papan PCB, mungkin anda bisa mencoba kopi lagi ke percetakan lain, jika memang susah menggunakan kertas glossy bisa juga menggunakan media plastik transparan, jalur dari kertas hvs bisa di kopi ke plastik transparan lalu setrika dengan pcb jika kiranya sudah menempel, plastik transparan bisa di tarik dari PCB tanpa menggunakan air.

This Article For SEO Contest
Tags : Cara Membuat PCB Dengan Teknik Setrika, Membuat PCB, Membuat Jalur PCB, Teknik Membuat PCB,

by : baskarapunya.blogspot.com

12 komentar:

Goes-Open.blogspot said...

kunjungi juga situs artikel kami untuk pembuatan pcb dg setrika di :
http://www.goes-open.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-pcb-dengan-teknik-setrika.html

Kang Naga said...

Wuuaahh infonya keren bro..
Saling folow ya bro, ditunggu folbeknya..
thanks

alaika abdullah said...

wah baru tau jika setrikaan juga bisa dipakai untuk keperluan ini... informative info, trims for share.... :)

salam kenal

rhyzq said...

hebat gan....

gan saling follow yuk
folback di tunggu
http://x-dragonfly.blogspot.com

Taufik Adi Sanjaya said...

AJIB

fantasista said...

Gw bkin pcb 5x gagal semua, krn tembaga nya msh ada yg nempel, blm bersih dan gambar jalur kurang jelas krn mesin foto kopi nya jelek. tp akhir nya bsa juga bkin pcb, lbh bgus pkai plastik transparan foto kopi nya. pkai hvs kurang bgus.

boedi said...

Pakai Art Paper lebih bagus

Baskara said...

boleh dicoba...

Muhammad Miracle said...

yg benar adalah memakai transfer paper, ada khusus.. biasnaya di toko buku gramnedia ada...

sehingga proses lebih gampang...


mbah-kong.blogspot.com

Baskara said...

Sdr Muhammad Miracle, untuk masalah kertas yang digunakan, seperti yang di sebutkan oleh kawan2 diatas juga "benar", hanya saja metodenya yang berbeda-beda(lebih praktis, mungkin) dan juga sesuai dengan ketrampilan si pembuatnya...
Terimakasih sudah berkunjung

oraygates said...

Plastik transparan nya jenis apa, klo pake plastik biasa meleleh dunk??!!

Baskara said...

plastik transparan untuk Over Head Projektor (OHP) ?

Search

Loading...

Chat Here

Follow Me

Popular Posts

Selamat Datang di Baskara Blog | Welcome to Baskara Blog |[Perhatian] Blog Ini Sebelumnya Bersifat Tertutup(Artikel Tidak Dapat Dicopy), Tetapi Sekarang Sudah Menjadi Terbuka dan Silakan Bagi Yang Ingin Mengcopy Artikel dari Blog ini dan Yang Ingin Mempublikasikan Ulang, Tetapi Saya Mohon Untuk Mencantumkan Sumber : baskarapunya.blogspot.com dan Saya harap Anda berkenan mengomentari postingan dan Mem-Follow Baskara Blog | Jika kotak follow tidak muncul, Silakan "refresh" halaman ini (Tekan F5) | Saya Ucapkan Banyak Terimakasih
/*---copy-paste-- /*script buat older post*/ /*selesai*/