Wednesday, April 6, 2011

Media Penyimpanan Data Portable

  Akhirnya ada kategori baru nih, curhat-curhatan, ya tentunya masih berbau IT dong, untuk curhatan pertama ini saya ingin membahas tentang Media Penyimpanan Data Portable (yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer itu loh), sebenarnya arti portable sendiri apa sih???, kalau kata orang-orang sih mudah dibawa kemana-mana alias fleksibel (#maklum malas membuka kamus besar bahasa), nah sedangkan media penyimpanan yang dimaksud adalah media penyimpanan (storage) data pada komputer, maka media penyimpanan portable adalah media penyimpanan data atau file komputer yang dapat dibawa-bawa kemanapun tanpa harus membuat si pembawa benda tersebut ribet (#ini menurut ane sendiri).

Flashdisk pasti sudah tak asing lagi di telinga, ya media penyimpanan berbentuk flash ini semakin familier dengan manusia, jaman sekarang nih yang namanya Flashdisk bukan barang mewah, mahal, elite, hebat dll, flashdisk sekarang merupakan media penyimpanan data portable yang bisa dikatakan wajib dipunyai dan dibawa terutama para kalangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran, dulu flashdisk harganya sekitar ratusan ribu dengan kapasitas sebesar Mega Byte (MB), sekarang kita bisa mendapatkan kapasitas sebesar Giga Byte (GB) dengan harga puluhan ribu rupiah, tak sedikit orang yang mempunyai lebih dari satu flashdisk karena kapasitas penyimpanannya yang semakin besar dengan harga yang semakin murah juga terjangkau, sebelum kita melanjutkan curhatan tentang flashdisk, mari kita kembali ke jaman doeloe alias Jadul, sebelum media penyimpanan berbentuk flash terkenal media penyimpanan Disket banyak digunakan, masihkah Anda mengenal, mendengar, atau sekedar tahu yang namanya Disket yang lebih dikenal dengan Floppy Disk ?, Disket adalah media penyimpanan yang terbuat dari kepingan magnetik lunak, Disket juga mempunyai masa kejayaan loh, dimana dulu waktu kuliah kakak gue (#bahasa gaulnya keluar) masih sering menggunakannya, waktu kuliah dosen mempresentasikan bahan kuliah dengan komputer jadul yang masih pake disket, nah setelah dosen selesai mengajar (#kaya anak sma yak...), kakak saya bercerita bahwa semua mahasiswa dikelas itu ngumpul deh di tempat dosen presentasi sambil "nodongin" Disket untuk meminta kopi-an data, lalu sang dosen berkata :"saya kopikan ke satu disket saja yang lain tinggal meng-kopi punya temannya", padahal Disket yang paling baru (#setahu ane 3 1/2 inch Floppy) tuh berkapasitas sebesar 1.44 MB wah kalau jaman sekarang untuk apa tuh kapasitas segitu, untuk nyimpen file mp3 aja kaga cukup kecuali mp3 kompressan, dan ternyata cerita kakak saya tidak jauh beda dengan seperti yang saya alami di dunia perkuliahan, setelah dosen selesai presentasi kuliah, saya dan teman-teman saya pada maju kedepan berdesakan dengan menodongkan flashdisk, ya mau apa lagi kalau kaga meminta file presentasi dari si dosen tersebut, alhasil dosen berkata :"saya kopikan ke satu flashdisk saja yang lain tinggal meng-kopi punya temannya", nah sekarang flashdisk-lah yang berjaya pada masa sekarang, flashdisk memang media penyimpanan yang portable yang tiada duanya pada saat ini, saya-pun merasa hampa jika berpergian tanpa membawa benda yang namanya flashdisk walaupun tidak digunakan sekalipun (#sudah seperti SoulMate), memang! masih ada sodaranya flashdisk yakni memory flash (MMC, Micro SD, M2 dkk) untuk media penyimpanan di handphone tapi kan sama-sama terbuat dari flash, sedang flashdisk main colok atau istilah kerennya plug and play, entah media penyimpanan portable apa lagi yang akan datang pada masa depan, pada adik-adik kita nanti akankah kita bercerita tentang masa kejayaan flashdisk, ah teknologi tak mungkin berhenti, perkembangan media penyimpanan portable-pun semakin canggih semakin fleksibel semakin berkapasitas besar seperti hardisk potable....

By : baskarapunya.blogspot.com

0 komentar:

Follow Me

Popular Posts